Apa Kabar Nada?

Hihihi.. Hallo, apa kabar Nada? Hihihi.. Mana nih Ayah Bunda yang katanya mau rajin ngupdate milestone nya Nada? Hahaha *tutup muka*

Nada, 16 months

Nada, 16 months

Ok, Nada udah 16 bulan sekarang, milestone nya udah jauh dari yang terakhir dilaporin disini pas umur setahun :p Udah bisa apa aja? Yang paling ditunggu-tunggu nih, anaknya udah bisa jalan akhirnya.. Hehehe.. Nada jalannya agak lama nih, anaknya agak penakut kayanya pas belajar jalan kemaren. Jadi, pas menjelang 13 bulan, Nada udah mulai selangkah-dua langkah dan jatuh. Mungkin jatuh-jatuh di lantai bikin dia sakit jadi dia sama sekali males buat nyoba jalan di lantai. Akhirnya pas 13 bulan lebih, dia bisa lancar jalan, tapi…. cuma di kasur. Beneran deh anak ini, di kasur dia bisa jalan muter-muter, begitu turun ke lantai langsung merangkak lagi. Pas baru 14 bulan akhirnya dia berani jalan di lantai, itupun karena sepertinya dia emang udah yakin saat itu dia jalan udah ga dikit-dikit jatoh lagi. Jadi begitu bisa jalan di lantai itu jalannya udah langsung jago, masih sempoyongan dikit, tapi udah muter-muter, dan sekarang udah belajar lari. Hihihi…

Ngomongnya gimana? Masih bahasa bayi, ga ngerti ngomong apaan. Hahaha… Tapi kosakatanya udah nambah dari waktu umur setahun dan kalo ngomong sekarang udah ada ekspresi dan intonasinya. Kata yang paling lancar dan bener cuma “Ayah”. Lantang banget kalo manggil Ayahnya, jadi sekarang dikit-dikit panggil Ayah. Manggil Bunda mah belum bisa sama sekali, masih bingung. Hihihi. Cuma udah ngerti kalo disuruh ini itu, ditanya mana Ayah, Bunda, Eyang, mana hidung, mata, kepala, dll, udah tau semua. Oia, Nada ini juga cerewetnya minta ampun, bener-bener bisa seharian ngoceh aja ga berhenti-berhenti, ga tau apa yang lagi dia ceritain. Hihihi. Persis Bunda lah susah mingkem banget ini anak 😀

Makanannya? Alhamdulillah, tablefood 😀 Dari menjelang umur 13 bulan sih sebenernya udah bener-bener makan nasi yang sama kaya Ayah Bunda, makanan yang keras-keras semua udah dihajar. Gula garam udah mulai dikasih secukupnya, jadi rasa makanannya udah ga plain lagi sekarang. Pas 14 bulan udah mulai diajarin macem-macem makanan, kalo pas lagi makan di restoran ya dia ikut aja makan sama kita. Seneng banget makan mie goreng (buatan eyangnya), bisa nambah bolak balik. Dan seneng banget ngemil, dikit-dikit comot ini itu. Selama ini cemilannya masih selektif banget dikasihnya, biskuit/sereal selain yang emang khusus bayi&toddler, Nada cuma makan sejenis regal dan cornflakes aja. Kue-kue juga cuma dibeliin di tempat-tempat yang emang terjamin bersih, suka banget dia makan kue chiffon, bolu kukus, kue lapis. Hihihi. Jadi kalo lagi nge-mall suka nyambangin toko roti buat beli kue-kuean gini sekarang 😀

Masih ASI? Masih kalo malem aja. Hehehe. Dari 13 bulan, Nada udah diajarin minum UHT, dan ternyata dia ga mau sama sekali minum UHT. Jadi minum UHT pun belajar dulu, UHT dicampur sama ASI, dari porsi ASInya lebih banyak sampe ASInya dikiiiit banget. Dan proses belajar ini kurang lebih hampir 2 bulan sampe Nada bener-bener mau full UHT. Karena ada satu hal yang urgent, kita harus memutuskan Nada untuk mulai disapih. Very slow weaning with love. Jadi ga dipaksa. Metodenya pake Don’t offer don’t refuse (DODR). Walau lebih sering ga konsistennya pake metode ini. Hahaha. DODR kan harusnya Don’t Offer ya, ga boleh nawarin, tapi Bundanya juga yang masih sering kecentilan nawar-nawarin, buka-buka baju depan Nada. Hahaha… Sejauh ini Alhamdulillah, kalo malem sih kadang Nada udah mau minum UHT aja, tapi masih sering juga minta nenen. Hihihi… Tenang nak, waktu kita masih panjang untuk kamu harus bener-bener menyapih 😀

Berat Badan? Masalah klasik banget ini. Tapi ga disangka, koq bisa juga akhirnya tembus 8kg. Hihihi. Terakhir nimbang sendiri di rumah malah sampe 8,4kg. Alhamdulillah. Kalo di GC nya sih berat segitu masih di garis bawah, tapi kalo dilihat peningkatannya udah jauh lebih lumayan. Masih ngikutin dietnya dr. Widodo, walaupun udah lebih sering kecolongannya. Hihihi. Tapi kecolongannya diusahakan dikit banget koq. Alhamdulillah kondisinya udah signifikan, lebih sehat, makan udah lebih mau, berat badan naiknya udah lumayan, BAB juga udah mulai tiap hari, semoga selalu sehat ya Nak :* Oia, sekarang udah mulai dikasih madu juga, yang ada curcuma nya pula. Hahaha.. Jalan pintas juga supaya Nada tetep mau makan. Hihihi..

Last but not least, KPSP 15 bulannya gimana? Alhamdulillah langsung 10 nilainya 😀 Anaknya juga aktif banget, sekarang udah bisa main lego walaupun belum jelas apaan yang dibikin dari lego nya. Hihihi….

Sehat terus ya Nak, cepet lancar ngomongnya, tambah banyak makannya 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s